Forum Diskusi Mahasiswa IPA: Mampukah Mempererat Antar HMJ IPA?

Forum Diskusi Mahasiswa IPA: Mampukah Mempererat Antar HMJ IPA?
    Minggu (18/10/2018) HMJ IPA IAIN Ponorogo mengadakan kegiatan yang bernama FORDISMA (Forum Diskusi Mahasiswa Ilmu Pengetahuan Alam) di Gedung Indrakila IAIN Ponorogo. FORDISMA adalah salah satu kegiatan HMJ IPA 2018 yang dikemas dalam bentuk  forum diskusi dengan  diikuti oleh seluruh pengurus HMJ IPA 2018 dan Demisioner HMJ IPA 2017 yang berjumlah 60 mahasiswa. Kegiatan ini diusung dengan tema “Sinergitas dan Integritas Mewujudkan HMJ IPA yang Berkualitas” dengan harapan para peserta mampu bersinergi dan saling berkolaborasi agar terwujudnya HMJ IPA yang lebih baik lagi. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahim antara HMJ IPA 2018 dengan Demisioner HMJ IPA 2017 serta wadah penyampaian aspirasi dan kontribusi dalam HMJ IPA.
    Pembukaan FORDISMA dimulai pada pukul 08.30 oleh pembawa acara yaitu Mustika Ria Tahnia dilanjutkan pembacaan ayat suci alquran oleh Rahma Dhiyaul Imaroh kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirigen Sukma Uswatul Khasanah. Selanjutnya yaitu acara sambutan, sambutan yang pertama oleh Rio Rifqy Ramadhan selaku Ketua Panitia FORDISMA. Dalam sambutannya, ketua panitia menyampaikan terima kasih kepada panitia dan peserta karena telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam acara FORDISMA ini serta harapannya acara ini mampu memperkuat rasa solidaritas antara HMJ IPA 2018 dengan Demisioner HMJ IPA 2017. Sambutan kedua yaitu Wisnu Saputra selaku Ketua HMJ IPA 2018 dan Ketua Demisioner HMJ IPA 2017 yang diwakili oleh Dandi Ardi Pradana. 
    FORDISMA terbagi menjadi 2 diskusi yaitu diskusi khusus dan diskusi umum. Diskusi khusus adalah diskusi yang dilakukan oleh anggota perdevisi (HMJ IPA 2018 dan Demisioner  HMJ 2017) dengan durasi waktu 60 menit, sedangkan diskusi umum adalah diskusi yang dilakukan seluruh pengurus dengan durasi waktu 75 menit. Adapun pembahasan dalam diskusi perdivisi telah dipersiapkan oleh devisi kegiatan yang sebelumnya telah dikonfirmasi dari Koordinator masing-masing devisi. Jalannya forum diskusi ini dipimpin oleh seorang moderator yaitu Gus Rijal Mujahidin dengan notulis yaitu Izza Aliatul Muna.
    Diskusi khusus berdurasi 60 menit terhitung dari dimulainya diskusi yakni pukul 09.00. Diskusi berlangsung sangat kondusif dan lancar. Para pengurus terlihat antusias dan menikmati forum diskusi ini. Diskusi khusus berakhir pada pukul 10.00 dan dilanjutkan diskusi umum. Diskusi umum dimulai pukul 10.15 dengan diawali penyampaian hasil diskusi dan tanggapan dari peserta diskusi. Penyampaian hasil diskusi yang pertama oleh BPH (Badan Pengurus Harian) yang dibawakan oleh Anggy Ardiya Cahyani. Kedua, Divisi Riset oleh Maulida Khusnul Khotimah. Ketiga, Divisi Hubungan Luar oleh Moh. Rizal Mustofa. Keempat, Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) oleh Hanip Heri Heriyawan. Kelima, Divisi Profesi, Pendidikan dan Kesejahteraan Mahasiswa oleh Ida Romatul Fitriah dan yang terakhir dari Team Event Eksternal oleh Anisa Wahyuningsih. Penyampaian hasil diskusi ini mendapatkan banyak tanggapan dari beberapa peserta diskusi. Tanggapan-tanggapan inilah yang membuat forum diskusi menjadi lebih hidup dan menarik. 
    Tepat pukul 11.30 WIB moderator menyampaikan kesimpulan hasil diskusi yang akan dijadikan bahan evaluasi dan pembelajaran dalam menjalankan program kerja HMJ IPA 2018. Selanjutnya, moderator mengembalikan forum ke pembawa acara yang akan menutup acara FORDISMA. Penutupan FORDISMA dilakukan setelah pembacaan doa oleh Ahmad David Jazuli Yusuf.  Kegiatan FORDISMA ditutup pada pukul 11.45 dengan mengucap hamdalah kemudian dilakukan sesi foto bersama antara HMJ IPA 2018 dan Demisioner HMJ IPA 2017. 
Written by: Tasya Fahramika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIVISI PROFESI, PENDIDIKAN DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA

VISI DAN MISI HMJ IPA

STRUKTUR PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM 2020/2021