Selayang Pandang Tadris IPA IAIN PONOROGO



SELAYANG PANDANG TADRIS IPA

·         Latar Belakang Berdirinya Tadris IPA
            Sebagai mahasiswa jurusan Tadris IPA, sudah sepantasnyalah mengetahui sejarah dan latar belakang adanya jurusan ini. Kapan awal mula terbentuknya Tadris IPA, maupun apa saja yang melatar belakangi berdirinya Tadris Ipa. Selanjutnya akan dibahas satu-satu untuk menjawab pertanyaan tersebut.
            Pada awal tahun 2015, Pemerintah memberikan komando pada STAIN Ponorogo agar merekrut tiga sumber daya dosen yang berbasis science (Ilmu Pengetahuan Alam). Seperti yang diketahui, IPA terdiri atas tiga komposisi yakni kimia, fisika, dan biologi. Pada saat itu rata-rata dosen STAIN berdedikasi di jurusan biologi. Sehingga setelah perekrutan tersebut STAIN Ponorogo mengusulkan tambahan jurusan Biologi. Tak Ada tindak lanjut dari kementrian mengenai jurusan biologi yang diusulkan. Oleh karena itu, dosen IPA yang baru direkrut diletakkan di jurusan PGMI untuk membantu dosen-dosen IPA yang lain. Berselang beberapa bulan sejak diusulkan jurusan biologi, Perguruan Tinggi Ponorogo yang berstatus STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) disetujui untuk beralih status menjadi IAIN (Institut Agama Islam Negeri) atas kerja keras pengajuan berkas-berkas.
            Sekitar bulan Desember 2015, SK turun dari pemerintah dan STAIN Ponorogo resmi beralih status menjadi IAIN Ponorogo dengan komondatory tambahan empat Jurusan. Karena sebelumnya sudah diusulkan tambahan Tadris Biologi, maka saat bergantinya status perguruan tinggi, dengan mudah Tadris IPA terbentuk. Mengapa IPA? Karena pada saat itu kurikulum telah berpindah dari KTSP ke K13. Pada K13, jurusan yang dibutuhkan untuk siswa/i SMP (Sekolah Menengah Pertama)/MTS (Madrasah Tsanawiyah) adalah jurusan IPA. K13 tidak memecah IPA menjadi Fisika, Kimia, dan biologi layaknya KTSP. Oleh sebab itu, IAIN Ponorogo membuat jurusan yang relevan dengan tuntutan jaman.
            Tadris IPA IAIN Ponorogo lahir pada bulan Desember dengan turunnya surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No.4723 Th. 2015. Dengan visi “sebagai pusat pendidikan dan pengajaran calon guru ipa yang kompetitif dan berkepribadian islami Islami. Adapun misinya adalah : 1) Mendidik calon guru agar memiliki kemampuan berpikir dan berdasarkan nilai-nilai islam; 2) Mewujudkan calon guru yang memiliki kompetisi jurusan IPA; 4) Meningkatkan penelitian berkualitas dalam bidang pendidikan IPA; 5) Melakukan pengabdian melalui penyebarluasan dan penerapan pendidikan IPA; 6) Menjalin kerja sama dan jejaring kerja dengan beberapa pihak dalam bidang pendidikan IPA; 7) Membekali lulusan prodi tadris IPA dengan kompetensi teknologi informasi dan bahasa asing agar mampu bersaing di dunia kerja. Disebabkan turunnya surat setelah perekrutan mahasiswa, maka belum ada mahasiswa baru yang mengemban jurusan ini. Mulai tahun ajaran 2016, IAIN Ponorogo mulai membuka secara resmi perekrutan mahasiswa. Baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPANPTKIN, UMPTKIN ataupun Mandiri. Angkatan pertama Tadris IPA berjumlah ... tergolong lumayan dengan alasan tahun pertama perekrutan. Itulah awal mula berdirinya Tadris IPA IAIN Ponorogo.
·           Prospek kerja Jurusan Tadris IPA
Jika dilihat dari Fakultas, Tadris IPA merupakan sebuah Prodi yang menghasilkan bakal-bakal guru. Guru dapat berartian dosen, pendidik konselor atau apapun dalam pendidikan. Tapi jika ditilik lebih lanjut, Tadris IPA dapat membentuk mahasiswa menjadi peneliti maupun ilmuan. Tak menutup kemungkinan, mahasiswa yang kreatif akan mendapat prospek kerja lebih unggul seperti penulis buku keilmuan, atau penemu sesuatu yang baru dalam bidang ke-IPA-an.
·           Kesan dan Pesan
Kesan yang didapat oleh para dosen pada mahasiswa jurusan IPA ini adalah keseriusan. Menurut para dosen mahasiswa yang masih terdiri dari dua generasi ini adalah mahasiswa yang serius. Hal tersebut bukan tak berdasar, tapi telah dibandingkan. Keseriusan yang dimaksud para dosen yaitu saat kegiatan belajar mengajar. Para dosen menganggap mahasiswa mudah untuk ditata, rapi, dan bertanggung jawab.
Sedangkan Pesan untuk para mahasiswa yaitu: 1) Menjadikan IPA menjadi jurusan maju. Maju disini atas dasar jurusan pertama (kemenag), sehingga diharapkan jurusan Tadris IPA IAIN Ponorogo tidak kalah dengan jurusan Tadris IPA baru dari kampus-kampus lain; 2) Selesaikan segala sesuatu (persoalan hidup) secara ilmiah. Dengan dasar, tidak langsung menuduh, mencari pembuktian, dan rasional; 3) Jadilah manusia yang mempunyai karekteristik keilmuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIVISI PROFESI, PENDIDIKAN DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA

VISI DAN MISI HMJ IPA

STRUKTUR PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM 2020/2021