Inovasi Belajar Era Millenial dengan “Fun Learning”


Inovasi Belajar Era Millenial dengan Fun Learning
          (Sabtu,6/10/2018) HMJ IPA IAIN Ponorogo kembali menunjukkan eksistensinya dengan melaksanakan program kerja. Program kerja kali ini berasal dari Divisi Riset dengan nama kegiatan Fun Learning.  “Fun Learning” merupakan kegiatan belajar bersama yang dilakukan di luar kampus dan dikemas dengan suasana yang fun, enjoy, kekinian dan anti-mainstream. Peserta kegiatan ini adalah Mahasiswa IPA Angkatan 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan intelektual serta membantu mahasiswa baru agar lebih paham dengan materi-materi perkuliahan. Selain itu, dengan adanya Fun Learning ini diharapkan mahasiswa antarangkatan bisa semakin akrab dan terwujudnya rasa persaudaraan antarmahasiswa IPA.
          Pukul 08.00 WIB Divisi Riset, pemateri (berasal dari angkatan 2017), dan Jajaran Pengurus HMJ IPA lainnya telah bersiap di Taman GOR Suromenggolo, Ponorogo. Tak lama kemudian, satu persatu Mahasiswa IPA Angkatan 2018 berdatangan menuju lokasi “Fun Learning”. Tepat pukul 08.30 kegiatan dibuka dan dimulai oleh perwakilan Divisi Riset yaitu Izza Aliatul Muna. Selanjutnya, Divisi Riset membagi peserta sesuai mata kuliah yang ingin peserta pelajari. Kegiatan “Fun Learning”  ini diikuti 10 mahasiswa dari total 119 mahasiswa IPA Angkatan 2018. Sedikitnya peserta Fun Learning ini kemungkinan terjadi karena kurangnya sosialisasi serta ada beberapa mahasiswa yang sudah terlanjur pulang ke kampung halaman. Dari 10 mahasiswa yang hadir dalam kegiatan “Fun Learning”, 7 mahasiswa memilih belajar mata kuliah Bahasa Arab dan 3 sisanya memilih belajar Fisika Dasar 1. Dengan jumlah pemateri yang lebih banyak dari pada peserta, tak ada satupun peserta yang luput perhatian. Peserta tampak bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan Fun Learning ini. Materi yang dibahas dalam Fun Learning ini sesuai dengan mata kuliah peserta sendiri, peserta diperkenankan memilih materi secara acak dan bebas kemudian pemateri akan menjabarkannya.
          Fun Learning ternyata mendapatkan respon positif oleh peserta. Menurut mereka kegiatan ini sangat membantu dan bermanfaat sekali. “Membantu banget kak kegiatannya, kalau bisa mata kuliah yang dibahas ditambah ya Kak. Nanti diadakan lagi.” Ungkap Tri Utami (Mahasiswi IPA Angkatan 2018). Selain Tri Utami, Indah Kurniasari (Mahasiswi IPA Angkatan 2018) juga menguatkan pernyataan ini. Ia juga merasa sangat terbantu dengan hadirnya inovasi baru dalam kegiatan HMJ IPA 2018. Sedangkan dari Koordinator Divisi Riset, Izza Aliatul Muna sangat berharap agar kegiatan Fun Learning" ini bisa istiqomah dan dapat dilaksanakan setiap bulannya.
Tepat pukul 11.00 kegiatan berakhir. Meskipun agenda yang dijadwalkan hanya 2 jam, namun rasa antusias peserta dan pemateri membuatnya lupa waktu. Akibatnya kegiatan molor hingga setengah jam. Hal ini tentu tidak menjadi masalah karena waktu yang digunakan untuk hal sangat positif yakni membahas tentang keilmuan, pengetahuan, wawasan dan pengembangan intelektual. 

Written by : Dinda Ayu (Jarkom 2017)
Edited by: Larifatus Sholikhah dan Ikfina (2017) 
Photo by: Rahma (2017) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIVISI PROFESI, PENDIDIKAN DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA

STRUKTUR PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM 2020/2021

VISI DAN MISI HMJ IPA